Senin, 10 Mei 2010

MENGUBAH TEMPLATE BLOGGER

Hai blogger...
Kali ini 'L' mau ngasih tau cara MENGUBAH TEMPLATE BLOGGER. Caranya cukup sederhana, tinggal tergantung kita ssendiri mau mengaturnya seperti apa. Mau?
Nah, daripada berbelit... to the point aja langsung yach...! Untuk mengubah layout blogger sebenarnya tak sulit. Cara Mengubah layout blogger:

1. Pertama login ke blogger in draft. Silahkan klik disini
(jika link di atas tidak tampil, silahkan klik disini)

2. Klik Tata Letak. Saran, bagi yang punya blog lain (bukan utama) bisa dijadikan eksperimen, tapi untuk blog utamanya ingin ganti template, sebaiknya template sebelumnya di save dulu.
blogger draft

3. Klik Perancang Template, silahkan tunggu halaman berikutnya terbuka. Pada halaman blogger in draft, muncul 4 jenis hasil desain template, yaitu: simple, picture window, Awesome Inc., dan Watermark. Selain itu, jika Anda memilih salah satu template, maka akan muncul lagi pilihan-pilihan desain dan warna dari template yang Anda pilih. Silahkan perhatikan pilihan Anda pada halaman di bawahnya (blog Anda akan ter-preview), gambaran tersebut memperlihatkan hasil sementara blog Anda. Silahkan pastikan jenis template yang Anda inginkan.
image

4. Klik Background, untuk memilih jenis latar belakang untuk blog Anda. Warna background tidak mempengaruhi warna body blog (tempat postingan dan gadget). Kecerdikan Anda memilih latar baik warna maupun gambar ditentukan oleh Anda sendiri, pikirkan beberapa pertimbangan dalam memilih background, seperti warna teks dan warna background yang saling mendukung dan pertimbangan teks mudah terbaca tanpa diganggu warna latar yang dominan. Jika Anda memilih "No Image" maka secara otomatis warna latar belakang mengikuti warna dasar template sebelumnya tetapi hasilnya polos tanpa tekstur.

image


5. Klik Layout. Layout merupakan hal yang paling paling utama dalam memilih template, perlu pemikiran yang serius dalam menentukan pilihan, istilahnya biasa disebut 2 kolom atau 3 kolom, ada 3 jenis pilihan layout, yaitu:
>> Body Layout
>> Footer Layout
>> Adjust Width
>> Advanced

image


6. Advanced adalah pengaturan tambahan, seperti jenis teks, ukuran teks, warna teks, warna link, warna background, tebal teks, dll. Saran saya ketika memilih jenis pengaturannya, silahkan perhatikan perubahan-perubahan yang terjadi blog Anda (ter-preview) lalu diberi tanda dengan garis-garis putus berwarna merah, artinya perubahan terjadi pada lingkup yang diberi tanda. Beberapa pertimbangan dalam pengaturan advanced, diantaranya adalah penyesuaian warna antara latar (body) teks, besar font untuk judul postingan dan isi, besar huruf untuk judul gadget, warna link, warna link gulir, dll. Akhiri pekerjaan Anda mendesain template dari blogger in draft  dengan mengklik Apply To Blog yang ada di kanan atas
image 

Silahkan pastikan bahwa pilihan Anda sudah sesuai dengan apa yang Anda harapkan dengan cara melihat kembali pilihan Anda dengan mengklik View Blog di kanan atas

7. Klik Back To Blogger yang akan menuju ke Tata Letak, silahkan atur kembali posisi gadget-gadget Anda yang terbongkar pada posisi yang diinginkan. Saran, jika Anda masih belum puas dengan ukuran atau margin sebagai pembatas antara header, body, gadget bahkan warna dan teks Anda dapat mengubahnya pada Edit HTML.


Semoga bermanfaat ^_^

3 komentar:

Arez_Reza mengatakan...

bagus sekali infonya......lain kali posting ciri2 template yang SEO gmana ya?

Biar cepet dpt alexa n diindex google gitu...

Salam dari Cuirast.blog

Silahkan kalo mau tuker link......Nice blog

ADMIN mengatakan...

Ok...

ARUN P mengatakan...

hello.... :) nice to be here

Posting Komentar